Hermanda Octavia Safitri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Tips Dan Trik / Tutorial / Informasi Unik

June 24th, 2016 by Hermanda Octavia Safitri

Tips Dan Trik / Tutorial / Informasi Unik

Pelatihan  Aplikasi Teknologi Informasi ( PATI )

Malam gan admin belum bisa tidur nih , dari pada gak ada kerjaan saya akan sedkit share tentang PATI , apa itu pati ? Pati adalah Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi , merupakan suatu kegiatan di kampus UMM yang ditujukan kepada para calaon mahasiswa – mahasiswa baru , seperti saya hehe biasanya dilaksanak selama 6 hari. Adapun kegiatan ini bersifat pelatihan, namun ada kegiatan yang berifat test , didalam pelatihan ini , sesusai dengan arti PATI tersebut kita akan dilatih , diberi bekal atau pengatahuan tentang teknologi informasi,beberapa pelatihan itu meliputi pelatihan dasar tentang Internet , E-mail , Blog dan masih banyak lagi.

Dan disetiap pertemuan akan ditemui yang namanya Evaluasi , yang total terdiri dari 3 Eveluasi selama pelatihan dan dimana disetiap evaluasinya kita akan menemui soal – soal pelatihan , sekedar info untuk Evaluasi 1 ada 50 soal dan terus bertambah 10 soal setiap evaluasi selanjutnya , kita hanya diberikan waktu 50 menit dan 2 kali kesempatan mengerjakan di setiap evaluasinya dan nilai tertinggi yang akan diambil sebagai nilai akhir. Dari nilai evaluasi inilah yang akan menentukan kita lulus atau tidak dalam pelatihan ini.

Nah , pada saat evaluasi inilah yang membuat para CAMABA ( Calon Mahasiswa Baru ) frustasi , jengkel , bawaanya pengen marah – marah aja seperti wanita sedang datang bulan hehehe kidding , kenapa ?

karena jika mengerjakan pada jam – jam santai kisaran jam 4 – 9 malam maka jangan harap kita bisa mengerjakan soal – soal evaluasi tersebut. Jangankan mengerjakan, untuk membuka situs Latihan Evaluasi PATI , Loginpun setengah mati, harus penuh sabar , tawakal, ikhtiar , serta doa , semoga orang lain gak ada yang buka agar cuma kita yang bisa buka hheee , karena unutk mengerjakan 10 soal perlu waktu 10 – 15 menit , belum lagi kita cari jawaban , belum lagi buffer web yang bikin kita emosi , dan jika kesempatan pertama gagal maka separuh nyawa kita hilang , namun masih ada kesempatan kedua , cie kaya orang pacaran aja hehe , jika kesmpatan kedua masih saja seperti yang pertama , maka benar – benar tamatlah riawayat kita ,dan Evaluasi ini tidak bisa dikerjakan lagi.

Note : Untuk kinerja servernya tolong ditingkatkan , masa kampus besar servernya down :). Biar gak ada yang begadang lagi ngejakan evaluasinya ( Saran )

Namun saya ada beberapa trick dan trips mengatasi hal tersebut,

  1. Hindari mengerjakan soal disaat jam santai ( 4 -9 malam )
  2. Biasanya jam 8 – 10 pagi serta subuh dini hari merupakan waktu yang pas untukmengerjakannya.
  3. Gunaka metode stop & refresh link ketika terjadi buffer web ( klik tombol X pada addres bar kemudian  tekan F5 atau klik icon refresh di pojok kiri addres bar di icon undo & redo ( Bila Di Google chrome ).
  4. Gunakan cara cepat dengan membuka link 1-25 dan 25-50  ( contoh ) dalam dua tab sekaligus.
  5. Diperlukan Doa , Usaha, dan Sabar hehe 😀

Posted in Uncategorized

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.